12 Warga Sipil Tewas Akibat Serangan Udara Saudi di Yaman

Setidaknya 12 warga sipil, termasuk tujuh anak-anak, tewas akibat serangan udara Arab Saudi di Hudaidah, Yaman, pada Senin (2/4).

Tim medis dan saksi mata mengatakan kepada Reuters bahwa 12 orang tersebut adalah satu keluarga yang rumahnya terhantam serangan udara Saudi.

Rumah keluarga itu terletak di distrik al-Hali, di mana warga sipil dari provinsi lain berlindung dari perang berkepanjangan di Yaman.

Menanggapi laporan ini, juru bicara koalisi Saudi berkata, “Kami merespons laporan ini dengan sangat serius dan menyelidiki semua laporan menggunakan proses independen yang diterima internasional. Sementara penyelidikan berlangsung, kami tak bisa berkomentar lebih jauh.”

Sebelumnya, Saudi juga dituding bertanggung jawab atas kematian puluhan warga sipil akibat sejumlah serangan udara mereka.

Koalisi Arab mengintervensi perang untuk mendukung pemerintah yang diakui internasional pada Maret 2015, setelah pemberontak Syiah Houthi mengambil alih kendali atas Ibu Kota Sanaa dan sebagian besar wilayah Yaman.

Namun, meski mempunyai persenjataan yang lebih kuat, pemberontak masih menguasai ibu kota dan sebagian besar wilayah di bagian utara negara tersebut.

Lebih dari 8.750 orang tewas sejak koalisi mengintervensi peperangan, menurut Badan Kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Releated Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *